Rahasia Lampu Listrik Dinyalakan Pakai Korek Api (2)

0
81
Advertisement

Lampu bertenaga listrik ini dinyalakan dengan korek dengan api dan dimatikan dengan suara. Apa rahasianya?

 
idealoka.com – Masih ingat lampu tempel bertenaga listrik ciptaan Hariyanto, 34 tahun, pemuda dari Dusun Bulak Kunci, Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur? 
 
Bagian dari lampu ini terdiri dari lentera yang dibuat dari kayu, lampu indikator tenaga listrik, bola lampu, panel pengukur nyala lampu, dan kabel yang dihubungkan dengan sumber listrik. Hariyanto enggan menjelaskan rahasia dibalik lampu oblekelektrik ciptaannya. “Yang pasti ada sensornya tapi rahasia agar tidak ditiru orang lain,” ucapnya.
 
Hariyanto belajar teori dan praktik elektronika secara otodidak dari ayahnya, Ali Sudirman, 62 tahun, yang dikenal jago elektronika. “Bapak yang selalu memotivasi saya agar jangan kalah dengan orang yang berpendidikan tinggi,” ujarnya. Hingga akhirnya ia bisa menciptakan
lampu oblek elektrik yang unik.

Karena kendala dana, ia tak membuatnya dalam jumlah banyak. Sementara hanya tiga unit lampu yang dibuat. Dua lampu sudah dibeli Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa dan mantan camat Pacet. Sedangkan satu lagi masih disimpannya. Ia mematok harga Rp575 ribu per unitnya.

Advertisement

Ali selalu memotivasi Hariyanto agar terus belajar elektronika. Motivasinya pun manjur dan Hariyanto mahir mempraktikkan teori elektronika di segala alat atau perangkat. “Awalnya dia saya suruh bantu-bantu memperbaiki perangkat elektronik, sampai dia bisa sendiri,” kata Ali. Ali sendiri bisa elektronika juga otodidak.


Ketertarikannya pada elektronik bermula dari kegemarannya bermusik. “Saya tertarik dengan unsur elektronik dari alat musik maupun alat pengontrol suara,” katanya. Dari sini ia belajar elektronik dari teman dan kerabatnya. Ilmunya kemudian ditularkan ke anaknya. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here