Bupati Banyuwangi Lepas Pawai Taaruf Siswa Madrasah Ibtidaiyah

0
68
Advertisement
Foto: Dok. Pemkab Banyuwangi
idealoka.com – Ribuan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Banyuwangi melakukan pawai ta’aruf 2017. Pawai ta’aruf adalah pawai tradisional yang dilakukan siswa MI dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah. Pawai ini dilepas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dari depan kantor pemkab, Sabtu, 6 Oktober 2017.
Anas menyatakan pawai ta’aruf ini sangat bagus sekali dan perlu ditumbuhkan terus menerus  untuk memupuk rasa cinta terhadap budaya-budaya yang Islami. Masyarakat akan lebih mengenal budaya Islam yang sesungguhnya. “Ada banyak pelajaran Islam yang bisa dilihat dalam pawai ini. Ini juga bisa menumbuhkan ketaqwaan dan keimanan anak-anak terhadap Islam,” kata Anas saat melepas pawai ini.  
Selain itu, kata Anas, kegiatan ini memiliki makna yang dalam bagi ini siswa yang duduk di MI. Karena dengan gelaran pawai semacam ini bisa menguatkan tali silharuhami antar MI.  “Dengan pawai ta’aruf ini bisa kuatkan silahturahmi dan konsolidasi antar Mandrasah. Lewat ajang pula madrasah akan tumbuh inovasi dan kreasi dari masing-masing madrasah,” kata Anas. 
Pawai yang diawali pasukan drumb band dan kelompok defile-defile dari 247 MI se- Banyuwangi ini menjadi tontonan dan suguhan yang menarik bagi masyarakat. Sepanjang jalan protokol Banyuwangi pun dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan pawai ta’aruf ini.
Pawai ini mengambil Start depan kantor pemkab Jalan A Yani – Jalan PB Soedirman – Jalan Wahidin Sudirohusodo dan finish depan Gedung Seni dan Budaya (Gesibu) ini dimulai pukul 14:00 Wib.
Dengan mengusung atribut dan nuansa Islami, pawai yang melibatkan hampir 5.000 siswa lebih tampil bagus. Mereka berpawai penuh tematik Islam seperti kelompok sejarah nabi dan lainnya.  Apalagi kelompok drumbandnya, tampil dengan beraneka kostum yang menarik mulai kostum merak hingga lainnya.
Selain itu, ada grup hadrah dan kuntulan yang juga beratrkasi di sepanjang jalan. Secara keseluruhan pawai ini diikuti sedikitnya 25 kafilah dari 26 kecamatan se- Banyuwangi  yang terbagi menjadi 63 grup drumband, 13 hadrah, dan pasukan utama.(*)

 

Sumber: https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/bupati-anas-lepas-pawai-taaruf-madrasah-ibtidiyah-2017.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here