Produk Khas Banyuwangi Jadi Idola di Jatim Fair 2017

0
74
Advertisement
Dok. Pemkab Banyuwangi
idealoka.com – Ragam  produk khas Banyuwangi menjadi incaran pengunjung  di Jawa Timur (Jatim) Fair 2017 yang digelar di Grand City Convex (GCC), Surabaya.
Pemerintah  Kabupaten Banyuwangi membuka stand pameran di lantai tiga dalam ajang yang sekaligus dilangsungkan untuk memperingati Hari Lahir ke-72 Jatim ini. Ada banyak ragam produk khas Kabupaten Banyuwangi yang dipamerkan dalam pameran yang digelar 5-15 Oktober 2017 ini. Mulai dari makanan olahan, kopi, aksesoris, batik, souvenir, hingga udeng (tutup kepala khas Banyuwangi).
Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono mengatakan partisipasi Kabupaten Banyuwangi dalam event ini selain bertujuan mempertemukan produsen dengan buyers, secara tidak langsung juga untuk memperluas jaringan pemasaran. 
“Keikutsertaan kami di sini merupakan salah satu  ikhtiar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk  mempromosikan produk – produk khas dan unggulan daerah,” tutur Alief yang dimintai keterangan secara terpisah.
Banyaknya pengunjung yang mendatangi stand, dibenarkan Fatah Romansyah, koordinator penjaga stand pameran. “Alhamdulillah stand pameran Banyuwangi mendapatkan banyak kunjungan. Mulai dari kalangan birokrat sampai dengan pengusaha. Mayoritas pengunjung berdatangan untuk membeli aneka kopi khas Banyuwangi,” ujar Fatah yang membuka stand mulai pukul 10.00-21.00 WIB.
Selain kopi, kata Fatah, pengunjung juga mengincar  batik, aksesoris dan makanan olahan.
Produk-produk pameran Banyuwangi berasal dari beberapa pelaku usaha mikro dibawah naungan binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi.Menariknya, tidak semua pelaku usaha mikro bisa memasarkan produknya di pameran terbesar di Indonesia Timur ini. “Selain memiliki produk yang berkualitas di atas rata-rata, juga harus memiliki desain kemasan yang eksotik dan menarik,” imbuh Fatah.
Salah satu konsumen Suhandi menyatakan, sangat puas sekali  dengan pelayanan di stand pameran Kabupaten Banyuwangi. “Penataan produk sudah sangat bagus. Begitu juga kemasan setiap produk, sudah memiliki nilai keunikan tersendiri. Kebetulan saya ingin sekali merasakan kekhasan aneka kopi Banyuwangi,” kata Suhandi.
Suhandi mengatakan, selama ini informasi tentang kopi Banyuwangi didapatkannya melalui koran dan media online saja di ajang festival tertentu. Masih belum merasakan secara langsung.
“Dengan pameran ini memudahkan konsumen untuk menikmati aneka produk olahan khas Banyuwangi, khususnya kopi. Ini sangat menguntungkan terutama bagi konsumen seperti saya yang jarang bepergian. Ternyata kopi Banyuwangi memang enak dan punya cita rasa khas,” ujar pria asal Surabaya ini. (*)

 

Sumber: https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/aneka-produk-khas-banyuwangi-diminati-pengunjung-di-jatim-fair-2017.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here