Manfaat Porang, Umbi Mahal yang Jadi Buruan

0
430
Porang yang sudah diiris tipis dan dikeringkan petani di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Porang tersebut akan diolah jadi tepung dan diekspor. (Foto: ND Nugroho)
Advertisement

idealoka.com – Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) merupakan jenis tanaman umbi-umbian termasuk keluarga Araceae dan kelas Monokotiledoneae. Hasil tanaman ini berupa umbi yang mengandung glucomannan yang berbentuk tepung.

Glucomannan (glukomanan) adalah serat alami yang larut dalam air dan diekstrak dari akar ubi gajah, juga dikenal sebagai konjac mannan. Glukomanan merupakan polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat makanan. Substansi ini merupakan komponen hemiselulosa di dinding sel dari beberapa spesies tanaman. Glukomanan lazim digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental.

Advertisement

Salah satu sentra budidaya porang ada di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hasil panen komoditas yang dibudidayakan di bawah tegakan kayu jati wilayah KPH Saradan itu telah diekspor untuk bahan kosmetik, mie, lem, agar-agar, dan sebagainya.

Komoditas porang diekspor ke beberapa negara terutama Jepang dan Tiongkok. Karena nilai ekonomisnya yang tinggi, warga desa setempat tertarik mengembangkan porang. Saat ini sekitar 400 hektar lahan di kawasan hutan jati dijadikan kebun porang. Para pembudidaya itu tergabung Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Selain mendapat penghasilan dari pemanfaatan hutan, pembudidaya juga turut menjaga tegakan kayu jati milik negara.

Porang yang berbentuk bulat tak beraturan itu diiris tipis dan dikeringkan. Kemudian bisa diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan. Harga porang yang masih basah sekitar Rp4.500 per kilogram sedangkan untuk yang sudah kering bisa mencapai Rp35.000 per kilogram.

Foto: porang.co.id

Manfaat tanaman porang antara lain:

  1. sebagai bahan pembuatan lem yang ramah lingkungan.
  2. campuran pada pembuatan kertas agar kuat dan lemas.
  3. pengganti media tumbuh mikroba.
  4. isolator listrik. Glucomannan pada tanaman porang yang berbentuk gel dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel silicon yang sangat baik sebagai isolator listrik.
  5. bahan campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan parasut.
  6. bahan pembuatan mie. Di Jepang, bahan makanan ini banyak disukai untuk mie shiratake atau konnyaku.
  7. sebagai penjernih air
  8. pengikat formulasi tablet.
  9. sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah/tidak cepat meleleh.
  10. kadar glucomannan pada porang bermanfaat/berkhasiat bagi kesehatan tubuh yaitu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.
  11. Porang merupakan serat yang secara alami dapat larut dalam air dan tembus cahaya serta bersifat seperti agar-agar dan tidak berbau sehingga dapat digunakan sebagai pengganti agar-agar.
  12. mengandung vitamin A dan B lebih tinggi dari kentang.
  13. Kandungan karbohidratnya lebih dari 80 persen.
  14. Bahan campuran pembuatan pengkilap kain, perekat kertas, cat, kain katun dan wool, dan bahan imitasi yang memiliki sifat lebih baik dari milum serta harganya lebih murah.
  15. pengganti gelatin sebagai bahan pembuat negatif film, isolator, dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa. Sehingga dapat sebagai pengganti selulosa dalam film.
  16. larutan mannan jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat bahan kedap air.
  17. mannan juga dipergunakan untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian-bagian keloid yang terapung dalam industri bir, gula, minyak dan serat.

(Diolah dari berbagai sumber)

Editor: idealoka.com

Foto: ND Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here