FOTO: Kebersamaan di Hari Kemerdekaan

0
123
Advertisement

idealoka.com – Berbagai kegiatan digelar untuk meramaikan dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), tak terkecuali yang ke-73 di tahun 2018. Di Dusun Ngering, Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, masyarakat tumpah ruah di jalan meramaikan berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat, syukuran, dan lomba tradisional.

Rangkaian kegiatan itu digelar 12-16 Agustus 2018. Jalan sehat yang digelar Minggu, 12 Agustus 2018, diikuti ratusan warga dari seluruh rukun tetangga (RT) di Dusun Ngering. Berbagai jenis hadiah diperebutkan seperti peralatan rumah tangga, televisi, kulkas, dan sepeda angin.

Advertisement

Warga tampak antusias mengikuti jalan sehat sampai pembagian hadiah yang berlangsung hingga siang. Hiburan musik dan lagu dangdut menghibur warga yang dag dig dug berharap nomor kupon mereka dapat undian hadiah. Sejumlah tokoh hadir dalam kegiatan jalan sehat termasuk Kepala Desa Legok H. Dawam Ali. Dawam mengapresiasi kegiatan jalan sehat tersebut. “Kegiatan ini sangat positif dan menjalin silaturahim antar warga,” katanya.

Malam hari menjelang puncak kemerdekaan, 16 Agustus 2018, digelar tasyakuran atau selamatan di masing-masing RT dan lomba tradisional. Dengan duduk bersila di jalan kampung, warga memanjatkan doa dan tahlil. “Mari kita membaca surat Al Fatihah untuk para pejuang yang merebut kemerdekaan dan para sesepuh Dusun Ngering, semoga mendapat ampunan dan balasan dari Alloh atas segala amal baiknya,” kata Kepala Dusun Ngering Faisol Rusdi.

Sebagai sajian tasyakuran, warga membawa berbagai macam makanan, minuman, dan buah-buahan yang jadi santapan dan dibagi bersama. Indahnya kebersamaan dan persaudaraan di Hari Kemerdekaan. Dirgahayu Republik Indonesia ke-73. Merdeka !!! (*)

 

Editor: idealoka.com

Foto: Faisol Rusdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here