Tinjau TMMD di Kediri, Aspers KASAD Akan Melihat Furniture Karya Karang Taruna Desa Blimbing

0
229
Perabotan hasil karya Karang Taruna Desa Blimbing.
Advertisement

idealoka.com – Asisten Personel (Aspers) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Mayjen TNI Heri Wiranto bersama jajaran Muspida Kabupaten Kediri dijadwalkan akan mengunjungi lokasi TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Rabu, 7 November 2018.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Heri akan melihat renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pembangunan jalan lintas desa di Desa Blimbing dan Jugo. Selain itu, Heri juga dijadwalkan melihat melihat program pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja yang diikuti Karang Taruna Desa Blimbing.

TNI bersama anggota Karang Taruna Desa Blimbing membuat perabotan dalam rangkaian kegiatan TMMD.
Advertisement

Diklat ini diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Kediri bekerjasama dengan Kodim 0809/Kediri dan Pemerintah Desa Blimbing. Heri juga akan menyampaikan pengarahan kepada warga terkait aktivitas TMMD di desa setempat.

Kepala Desa Blimbing, Djoeari, mengatakan anggota Karang Taruna yang mengikuti diklat kerja tersebut akan menunjukkan hasil karya mereka berupa perabotan dan perlengkapan berbahan dasar kayu. “Kreativitas tersebut merupakan hasil pendidikan dan pelatihan yang dilakukan selama tiga pekan,” katanya, Selasa, 6 November 2018.

Berbagai perabotan (furniture) dan perlengkapan yang sudah jadi atau setengah jadi terdiri dari meja kantor, meja ruang tamu, meja belajar, lemari, dan kursi. Jenis kayu yang digunakan cukup variatif dan bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Desa Blimbing seperti sengon dan mahoni.

Pengawas diklat, Ambar Prambudy Laksono, mengatakan hasil karya Karang Taruna dalam diklat tersebut murni karya mereka. “Bukan berasal dari toko atau milik orang lain,” katanya.

Ambar optimis kualitas perabotan karya Karang Taruna hasil dari diklat tersebut bisa bersaing di pasaran khususnya Kediri. Mengenai pemasaran lebih jauh, pihaknya belum memikirkan dan masih fokus pada diklat yang diselenggarakan. (*)

Penulis dan foto: Dodik Suwarno

Editor  : Ishomuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here