Kelompok Kerja Kepala MA Swasta (K3MAS) Mojokerto Gelar Harlah ke-7 dan Istighosah

Advertisement

idealoka.com – Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Swasta (K3MAS) Kabupaten Mojokerto akan menggelar peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-7, Selasa, 12 Februari 2019. Harlah kali ini akan diisi dengan kegiatan istighosah bersama di Madrasah Aliyah (MA) Mambaul Ulum, Desa Awang-Awang, Kecamatan Mojosari, Mojokerto, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Peringatan harlah tahun ini rencananya akan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mojokerto Drs. Barozi, M.Pd.I.

Advertisement

“Kegiatan Harlah kali ini selain sebagai wujud eksistensi keberadaan K3MAS juga sekaligus istighosah dan doa bersama untuk kesuksesan pelaksanaan ujian bagi peserta didik kelas XII yang menyongsong rangkaian ujian menjelang kelulusan mereka,” kata Ketua Panitia Harlah yang juga Sekretaris K3MAS Kabupaten Mojokerto Khoiruddin, S.S., Senin, 11 Februari 2019.

Selain istighosah, peringatan harlah akan diisi dengan penampilan seni Al Banjari dari siswa-siswi MA Mambaul Ulum, Mojosari, dan MA Al Islamy, Sedati, Ngoro. Para siswi MA Al Islamy juga akan menampilkan Tari Saman dan siswi MA Mambaul Ulum akan menyajikan Tari Jepang.

Panitia harlah semula merencanakan berbagai lomba antar MA di lingkungan K3MAS namun dibatalkan karena kegiatan ujian. “Rencana awalnya ada kegiatan lomba-lomba antar MA, tapi karena waktu padat dengan rangkaian kegiatan ujian Kelas XII maka lomba dibatalkan,” kata Khoiruddin yang juga Kepala MA Al Islamy, Sedati, Ngoro.

Acara akan ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng dan serah terima bendera K3MAS dari pengurus K3MAS kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto.

Bimtek Penyusunan Dokumen 1, RKM, RKAM, RKTM yang diadakan K3MAS tahun 2018. (Dok. K3MAS)

K3MAS dibentuk sejak tahun 2012 dan kini sudah ada 20 lembaga MA di sembilan kecamatan yang bergabung. Pengurus Harian K3MAS saat ini antara lain Drs. Nurkholis, M.M sebagai Ketua dengan Sekretaris Khoiruddin, S.S., dan Bendahara Yeni Rohmawati, S.Pd.

Kegiatan K3MAS diantaranya rapat rutin dua bulan sekali, workshop/diklat bagi guru, forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam penyusunan soal try out dan ujian semester, pembinaan grup proktor dan teknisi terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT), try out UNBK/CBT kelas XII, Perkemahan Jambore Pramuka, dan sebagainya.

Kerjasama pemberian fasilitas dan pelayanan perbankan antara PT BPRS Kota Mojokerto dan K3MAS. (Dok. K3MAS)

“K3MAS sebagai wadah Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Swasta yang terlahir 7 tahun lalu insya Allah sudah banyak memberi kontribusi dalam dunia pendidikan khususnya madrasah di wilayah Kabupaten Mojokerto, membentuk karakter generasi masa datang yang akademis dan agamis dan ke depannya akan bersama-sama mewujudkan generasi serta madrasah yang hebat bermartabat,” ujar Ketua K3MAS Kabupaten Mojokerto Drs. Nurkholis, M.M. (*)