Pasca Dilantik, Komisioner KPU Jombang 2019-2024 Tancap Gas

0
205
Lima Komisioner KPU Jombang periode 2019-2024. Dari kiri ke kanan: Abdul Wadud Burhan Abadi, Ayatullah Khumaini, Rita Darmawati, As’ad Choirudin, dan Athoillah. (Dok. KPU Jombang)
Advertisement

idealoka.com – Proses seleksi dan pemilihan komisioner KPU kabupaten dan kota di Jawa Timur telah rampung diantaranya KPU Kabupaten Jombang. Dari lima komisioner KPU Jombang periode 2019-2024, dua diantaranya adalah inkumben atau mantan komisoner periode sebelumnya. Keduanya adalah Athoillah dan Abdul Wadud Burhan Abadi.

Sementara itu, tiga orang adalah wajah baru di level penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten meski mereka mantan penyelenggara dan pengawas pemilu tingkat kecamatan di Jombang. Ketiganya antara lain Rita Darmawati yang merupakan mantan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mojoagung, Ayatullah Khumaini mantan Panwaslu Kecamatan Diwek, dan As’ad Choirudin mantan Panwaslu Bandarkedungmulyo.

Advertisement

Dengan komposisi yang baru ini diharapkan kinerja KPU Jombang bisa maksimal dalam agenda kepemiluan ke depan baik pilkada dan pemilu presiden dan legislatif. “Harapannya semoga KPU bisa solid dan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata Athoillah yang ditunjuk sebagai Ketua KPU Jombang 2019-2024 saat dihubungi, Kamis, 20 Juni 2019.

Pasca dilantik 13 Juni 2019, KPU Jombang tancap gas dengan mengikuti sejumlah agenda terkait proses pemilu maupun kegiatan yang menunjang kinerja KPU setempat dalam lima tahun mendatang.

Komisioner KPU Jombang bersama Kapolres Jombang. (Dok. KPU Jombang)

Dalam beberapa hari kemarin, Komisioner KPU Jombang bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri komposisi komisioner yang baru pada para pejabat Muspida diantaranya Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, dan Kepala Kejaksaan Negeri Jombang.

“Tujuan kunjungan ini untuk bersilaturahmi dan kami menyampaikan ucapan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan pemilu 2019 di Jombang yang berjalan aman dan kondusif,” ujar Athoillah.

Komisioner KPU Jombang bersama Bupati dan Wakil Bupati Jombang. (Dok. KPU Jombang)

Selain itu, sesuai divisi yang dibidangi, para komisioner juga melakukan rapat internal dengan jajaran penyelenggara pemilu maupun rapat kordinasi yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur diantaranya terkait persiapan gugatan sengketa perselisihan hasil pemilu, rakor dengan PPK terkait hasil verifikasi santunan musibah kecelakaan kerja badan Adhoc di Jombang, rakor dan simulasi dengan KPU Provinsi Jawa Timur tentang penghitungan perolehan kursi dan penetapan calon terplih serta evaluasi tahapan teknis dalam Pemilu tahun 2019. (*)

Berikut ini struktur komisioner dan divisi di KPU Jombang periode 2019-2024:

Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik

  • Ketua  : Athoillah
  • Wakil   : Rita Darmawati

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia

  • Ketua  : Rita Darmawati
  • Wakil   : As’ad Choirudin

Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi

  • Ketua  : Abdul Wadud Burhan Abadi
  • Wakil   : Ayatullah Khumaini

Divisi Teknis Penyelenggaraan

  • Ketua  : As’ad Choirudin
  • Wakil : Abdul Wadud Burhan Abadi

Divisi Hukum dan Pengawasan

  • Ketua  : Ayatullah Khumaini
  • Wakil   : Athoillah
Lima Komisioner KPU Jombang periode 2019-2024. Dari kiri ke kanan: Abdul Wadud Burhan Abadi, Ayatullah Khumaini, Rita Darmawati, As’ad Choirudin, dan Athoillah. (Dok. KPU Jombang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here