KPU Kabupaten Kediri Kenalkan Rumah Pintar Pemilu Digital

0
1061
Anggota KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskara saat meresmikan RPP Digital di KPU Kabupaten Kediri
Advertisement

idealoka.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mulai memperkenalkan sistem informasi mengenai kepemiluan secara digital yang diberi nama Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital, Jum’at, 6 Desember 2019.

Dalam sistem informasi RPP Digital ini diperkenalkan cara pemilihan secara digital atau elektronik (e-voting). Sehingga hasil pemilihan bisa segera diketahui masyarakat.

Advertisement

Pemilihan secara digital ini sebagai salah satu alternatif selain cara pemilihan secara manual yang selama ini dilaksanakan. Hanya saja, cara pemilihan digital ini belum dilaksanakan pada Pilkada 2020 nanti karena belum ada dasar hukumnya.

Petunjuk cara pemilihan secara digital ini merupakan bagian dari materi di RPP yang diluncurkan di halaman kantor KPU Kabupaten Kediri dan dihadiri anggota KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskara.

”Saya bangga pada KPU Kabupaten Kediri karena telah melakukan inovasi. Saya berharap setelah diresmikan, RPP ini benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujar Gogot.

Anggota KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskara saat meresmikan RPP Digital di KPU Kabupaten Kediri

Menurut Gogot, RPP ini bukan program baru namun program nasional hasil inovasi KPU RI periode sebelumnya.

RPP Digital KPU Kabupaten Kediri diberi nama Jaya Baya terinspirasi dari kebesaran raja Kadiri, Jaya Baya.

Di ruangan RPP Digital tersebut pengunjung bisa menikmati sejumlah fasilitas informasi antara lain cara memilih dengan cara digital, sejarah kepemiluan, struktur pengurus KPU, dan berbagai fasilitas kepemiluan lainnya. Hanya dengan mengklik layar sentuh pada monitor, pengguna bisa memperoleh berbagai informasi kepemiluan dengan mudah.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi menjelaskan RPP Jaya Baya sebenarnya sudah ada sejak 2017 lalu, tetapi masih sederhana dan konvensional. Saat ini dilakukan inovasi dibuat digitalisasi.

Ninik berharap RPP digital bisa memberikan manfaat luas pada masyarakat. Khususnya untuk belajar terkait Pemilu dan Pilkada yang pada akhirnya bisa menaikkan peran serta masyarakat dalam Pilkada 2020 mendatang. (*)

  • Penulis: Mahendra
  • Editor: Ishomuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here