Persik Kediri Patok 10 Besar Klasemen Liga 1

0
227
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Sebagai tim yang beberapa kali naik ke kasta tertinggi kompetisi sepakbola nasional, Persik Kediri mematok target cukup tinggi yakni masuk 10 besar klasemen akhir Liga 1. Target ini diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) Persik Kediri Abdul Hakim Bafagih.

“Persik bintang 2 dan target masuk 10 besar karena paling realistis di Liga 1. Jangan sampai numpang lewat,” katanya di kantor Sekertariat Persik Kediri, Kediri, Sabtu, 4 November 2020.

Advertisement

Untuk mewujudkan impian suporter fanatik tim berjuluk ‘Macan Putih’ itu, manajemen sudah menunjuk pelatih berpengalaman, Joko Susilo, untuk memoles kualitas permainan tim kebanggan masyarakat Kediri tersebut.

Hakim mengatakan selain mengandalkan pemain yang sudah berpengalaman, tim juga berupaya mengangkat talenta pemain-pemain muda yang berkualitas.

“Liga 2 kemarin sempat diremehkan karena masih muda tapi prestasi luar biasa. Harapan kami di Liga 1 ada hasil yang luar biasa dan babak baru bagi kami. Mudah-mudahan tidak berganti pelatih seperti tahun kemarin,” kata politikus muda PAN yang juga Anggota DPR RI ini.

Pelatih, manajer, dan CEO Persik Kediri usai rilis pengumuman penunjukan pelatih Joko Susilo, Sabtu, 4 Januari 2020.

Hakim menambahkan untuk berlaga di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia itu memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun pihaknya sudah melobi beberapa perusahaan besar yang tertarik mendukung pendanaan Persik Kediri.

Perlu diketahui, tim berjuluk ‘Macan Putih’ ini pernah jadi juara kompetisi Divisi I PSSI tahun 2002 dan naik ke Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2003. Persik berhasil memboyong Piala Presiden setelah mengukuhkan dirinya sebagai juara Liga Indonesia (Ligina) IX/2003. Persik kembali menjuarai kompetisi Divisi Utama Ligina XII/2006.

Persik sempat naik kasta ke Liga Super Indonesia (LSI) atau Indonesia Super League (ISL) tahun 2008 dan bertengger di peringkat 4 klasemen akhir. Pada kompetisi akhir LSI tahun 2009-2010, Persik sempat terdegradasi ke Divisi Utama dan berlaga di Divisi Utama hingga tahun 2013. Lalu naik kasta lagi ke LSI setelah meraih peringkat 3 Divisi Utama.

Setelah kompetisi sepakbola nasional sempat vakum dan ada perubahan istilah tingkat kompetisi, Persik Kediri menjuarai Liga 2 tahun 2019 dan sekarang naik kasta ke Liga 1 tahun 2020. Liga 1 setara dengan LSI dan Liga 2 setara dengan Divisi Utama zaman kompetisi sebelumnya. (*)

  • Penulis: Mahendra
  • Editor: Ishomuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here