36 Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna Positif Covid-19, Dimungkinkan Bertambah

Kawasan pabrik rokok PT. HM Sampoerna di Rungkut Industri, Surabaya. Sudah 36 karyawan setempat positif Covid-19 dan dua di antaranya meninggal dunia. Foto: sampoerna.com
Advertisement

idealoka.com (Surabaya) – Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur Joni Wahyuhadi menyatakan 34 karyawan pabrik rokok PT. HM Sampoerna (Tbk) unit Rungkut 2, Rungkut Industri, Surabaya, positif Covid-19. Sehingga sementara sudah 36 karyawan pabrik setempat yang positif Covid-19 dan dua di antaranya lebih dulu positif Covid-19 dan meninggal dunia.

Status positif itu didapat berdasarkan uji swab cairan nasofaring yang diperiksa dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Advertisement

“Kami tes PCR dari gelombang satu itu dari 46 orang, 34 orang dinyatakan positif Covid-19. Ini mengejutkan karena biasanya dari hasil rapid test itu cuma 10 persen yang positif. Ini besar banget,” ujar Joni di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, dikutip dari jatimnet.com, Jumat, 1 Mei 2020.

BACA : Karyawan Positif Covid, Produk Rokok Sampoerna Dikarantina Lima Hari

Klaster pabrik rokok unit Rungkut 2 milik PT. HM Sampoerna (Tbk) muncul setelah ada laporan dua karyawan meninggal dunia akibat Covid-19. Dari laporan tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim melakukan tracing (pelacakan).

Setidaknya ada 323 karyawan yang menjalani tes cepat atau rapid test. Hasilnya, sekitar 100 orang dinyatakan reaktif Covid-19. Selanjutnya, Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim melakukan uji swab secara bertahap.

Tahap pertama, ada 46 karyawan yang menjalani uji swab di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. Hasilnya, 34 karyawn positif Covid-19. “Setelah gelombang pertama, kami juga melakukan tes PCR terhadap 42 orang lainnya yang masuk gelombang kedua. Hasilnya ke luar besok,” kata Joni.

BACA : Pabrik Rokok Sampoerna Ditutup, 100 Karyawan Reaktif Covid-19 dan Dua Karyawan Meninggal

Sebenarnya selain 323 karyawan dilakukan rapid test, ada sekitar 160 karyawan yang sebelumnya juga menjalani uji swab. Namun hasilnya belum keluar.

“Ada 160 karyawan di lokasi berikutnya yang dilakukan swab. Saya lagi mengecek kok belum keluar (hasilnya),” ia menegaskan.

Pada Jumat, 1 Mei 2020, ada tambahan 58 pasien positif Covid-19 di Kota Surabaya. Tambahan itu termasuk 34 karyawan PT. HM Sampoerna (Tbk). Dengan begitu, total pasien positif Covid-19 di Kota Pahlawan saat ini mencapai 496 orang. (*)