VIDEO: Tingkah Polah Anak Praktik Salat, Lucu sekaligus Serius

0
58
Advertisement

idealoka.com (Pasuruan)Sholat atau Salat kunci kesuksesan manusia di dunia dan akhirat. Salat tidak hanya wujud dari ibadah atau penyembahan makhluk pada Allah SWT Sang Pencipta. Lebih dari itu, salat berisi doa dan pemujaan pada Allah dan Nabi Muhammad SAW serta Nabi Ibrahim AS.

Advertisement

Bahkan gerakan salat bisa berdimensi menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta menjaga hubungan sosial setidaknya di dalam keluarga maupun masyarakat.

BACA : Efek Positif Corona, Anak Belajar di Rumah dan Hidup Lebih Bersih

Salat merupakan cara atau media manusia berkomunikasi dan mengakui kebesaran dan kekuasaan Allah. Salat yang benar tentunya dikerjakan sesuai rukun-rukunnya yang wajib dan sunnahnya termasuk syarat berurutan dan khusyuk atau fokus.

Salat sebaiknya diajarkan sejak dini pada anak-anak. Salah satu caranya dengan diajak salat berjemaah. Anak terutama yang masih berusia di bawah 5 tahun masih bersifat mendengarkan sesuatu dalam pembelajaran, termasuk dalam bacaan salat.

BACA : (VIDEO) Cooking Class, Serunya Anak-anak Belajar Membuat Pizza

Maka mengajarkan gerakan dan bacaan salat menjadi penting. Meskipun bacaan salat yang dilakukan siang atau sore hari seperti Duhur dan Asar sunnah dibaca pelan atau samar, sebaiknya jika mengajarkan bacaan salat pada anak tetap dibaca keras atau jelas agar anak meniru hingga hapal dengan bacaannya.

Dengan dilakukan berulang-ulang, anak akan hapal bacaan dan pada saatnya nanti akan dijelaskan maksud atau makna bacaan tersebut.

Di video kali ini kami menyajikan tingkah polah anak saat praktik salat. Tentunya karena masih anak-anak, mereka belum bisa menerapkan khusyuk atau fokus meminimalisir gerakan di luar gerakan salat.

BACA : (VIDEO) Asyiknya Bermain dan Belajar di Eco Green Park

Namun setidaknya, mereka mulai hapal bacaan salat meski masih perlu diperbaiki ejaan atau ketepatan membaca huruf dalam bahasa Arab (makhorijul huruf).

Lalu apa hubungan salat dengan kesuksesan seseorang? Sebenarnya simpel, salat berisi doa dan pengakuan kebesaran Allah. Maka pada konteks ini, manusia memohon kekuatan dari Allah dalam segala aktivitasnya termasuk dalam belajar dan bekerja.

Jika manusia sadar bahwa segala kekuatan mutlak dari Allah, maka hatinya akan tenang dan percaya diri dalam menjalani segala aktivitas termasuk meraih kesuksesan hidup.

Semoga video ini bermanfaat dan kita bersama-sama mengajarkan salat sejak dini untuk masa depan anak dan meraih kesuksesan mereka di dunia dan akhirat. Amin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here