Peralatan Modern di Rumah Potong Hewan Pare Segera Diuji Coba

0
58
Salah satu peralatan mekanik di RPH Pare yang akan segera dioperasikan. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Progres pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri yang terletak di Desa Pelem, Kecamatan Pare, memasuki tahap akhir. Saat ini sejumlah peralatan modern dengan sistem mekanik telah terpasang dan siap digunakan. Rencananya akan dilakukan tahap uji coba. Sementara itu, guna mendukung akses ke lokasi RPH, saat ini tengah dibangun akses jalan menuju RPH setempat.

RPH Pare dibangun di atas lahan seluas 2 hektar dengan sumber dana dari APBD senilai Rp5,5 miliar untuk bangunan dan Rp2 miliar untuk peralatan. Pembangunan ditarget selesai akhir tahun 2020.

Advertisement

Peralatan di RPH meliputi alat perebah sapi atau kotak penahan, alat pembelah tulang punggung yang dilengkapi dengan mesin hidrolik, alat pemotong kaki atau dengkul, alat untuk menguliti, katrol elektrik dan katrol manual, troli pengaduan yang dilengkapi dengan carcas hanger, mesin pengemas vacuum, chilling kamar, set mayat, troli daging, dan troli jerohan.

BACA : DKPP Kediri Bangun Rumah Potong Hewan Modern Berkapasitas 30 Ekor per Hari

“Saat ini masih proses pembangunan jalan masuk, sementara untuk alat modern sudah terpasang, dan akan memasuki tahap uji coba. Semoga Desember 2020 sudah clear semua,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih, Kamis, 19 November 2020.

Seperti diketahui, pembangunan RPH yang dilengkapi fasilitas sesuai standar Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi daging dan menghasilkan produk yang menganut standar Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

Fasilitas yang tersedia di RPH setempat antara lain kantor utama, administrasi, ruang pemotongan yang dilengkapi alat restrain box, rel gantung karkas, ruang uji laboratorium, ruang pelayuan karkas atau daging, cool storage, ruang pemeriksaan post mortum, pemeriksaan ante mortum, ruang pemeriksaan hewan darurat, kandang penampungan ternak sementara, rumah rumen, Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL), tempat penurunan sapi, musala, mess dokter, dan pos jaga. (*)