Dinkes Periksa Potensi Penularan HIV pada Napi LP Kelas I Madiun

CEK HIV. Petugas Dinkes PPKB Kota Madiun sedang melakukan pemeriksaan HIV kepada warga binaan LP Kelas I Madiun, Rabu, 9 Juni 2021. Foto: Nd. Nugroho
Advertisement

Delapan Napi Positif HIV 

idealoka.com (Madiun) – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun melakukan pemeriksaan HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Madiun, Rabu, 9 Juni 2021. Sebanyak 204 warga binaan mengikutinya.

Advertisement

Kepala Seksi Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes-PPKB Kota Madiun Tri Wahyuning Nivitasari mengatakan bahwa warga binaan LP merupakan  salah satu kelompok yang rentan tertular HIV. Bahkan, delapan dari 1.800-an warga binaan diketahui positif mengidap penyakit tersebut.

“Maka, pemeriksaan yang kami lakukan hari ini seperti testing HIV dan skrining penyakit tidak menular,” ujar Tri.

Pemeriksaan itu dijadwalkan menyasar seluruh warga binaan LP Kelas I Madiun. Adapun pelaksanaanya dilangsungkan secara bertahap lantaran banyaknya jumlah narapidana maupun tahanan di penjara tersebut.

Sementara itu, Kepala LP  Kelas I Madiun Asep Sutandar mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan blok khusus bagi warga binaan yang terpapar HIV. Blok yang disediakan di klinik LP itu juga diperuntukkan bagi penyandang TBC.

Asep menyatakan fasilitas khusus yang disediakan itu untuk mencegah penularan di lingkungan penjara. “Cek kesehatan agar lebih mengetahui mana saja yang menjadi perhatian lebih dalam hal kesehatan. Jangan sampai mereka ini dikucilkan,” katanya. (*)

  • Penulis: ND. Nugroho
  • Editor: Ishomuddin