Wabup Kediri Ikuti Peringatan Harganas Virtual, Ini Pesan Wapres Maruf Amin

Wabup Kediri Dewi Mariya Ulfa mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 secara virtual, Selasa, 29 Juni 2021, yang dibuka Wapres KH Maruf Amin. Dok: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa mengikuti acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021, Selasa, 29 Juni 2021. Acara yang digelar secara virtual ini sekaligus peluncuran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun.

Bertempat di Ruang Vidcon Pendapa Panjalu Jayati, turut hadir Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri Nurwulan Andadari beserta jajaran dan kepala dinas terkait.

Advertisement

Dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting”, acara dibuka Wakil Presiden RI K.H. Maruf Amin dan diikuti secara virtual oleh Kepala BKKBN, Menteri Indonesia Maju, Gubernur, Bupati dan Walikota, dan perwakilan BKKBN di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan peringatan Harganas adalah momen untuk merefleksikan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat, yaitu keluarga.

BACA : Bunda GenRe Kediri Mbak Chica Tinjau Pemasangan Alat KB dan PIK Remaja

“Suatu bangsa, suatu negara, atau masyarakat luas tidak akan memiliki populasi yang produktif jika para keluarganya tidak berkualitas. Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah, mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif, dan produktif,” ujar Maruf.

Maruf juga menyinggung peran penting BKKBN sebagai lembaga yang salah satu tugas utamanya melaksanakan pembangunan keluarga. “Keluarga yang sehat dibangun di atas dasar perencanaan yang baik melalui perkawinan yang sah, hidup dalam lingkungan yang sehat, sejahtera, mandiri, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Menurutnya, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran yang sangat besar. Keluarga sehat mempunyai delapan fungsi yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan keluarga.

Tema yang diusung yaitu keluarga keren. Tema ini sangat tepat mengingat pemerintah sedang melakukan upaya dalam mengurangi prevalensi stunting. Untuk itu diperlukan kerjasama berbagai kementerian dan lembaga untuk membantu percepatan penurunan prevalensi stunting.

Usai acara, Wakil Bupati Kedir Dewi Mariya Ulfa mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kediri meningkatkan ketahanan keluarga di masa pandemi.

BACA : Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri

“Mari kita lawan bersama pandemi ini dimulai dari keluarga. Kita penuhi dan cukupi kebutuhan gizi keluarga supaya imun kita terbentuk dengan baik. Otomatis kalau imunnya terbentuk, gizi dan  nutrisi tercukupi, Covid-19 dan stunting tentunya tidak akan menyapa keluarga kita,” ujar Dewi.

Terkait peluncuran vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, menyusui, dan anak usia 12-18 tahun, Dewi berpesan kepada seluruh  masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan vaksinasi.

“Vaksinasi pada anak nantinya akan membutuhkan edukasi dan pendampingan dari pihak keluarga supaya berjalan sukses dan lancar. Saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kediri untuk memotivasi putra-putrinya usia 12-18 tahun ikut vaksinasi agar Covid-19 ini segera mereda,” kata Dewi. (*)