Pemkab Kediri dan IDI Sediakan Layanan Telemedis Konsultasi Covid-19

Pengurus IDI Kediri pengampu program telemedis, Budi Sanjaya. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Untuk mempermudah masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah akibat covid-19,  Pemkab Kediri memiliki program pelayanan konsultasi medis gratis telemedis. Cara mengakses layanan ini cukup mudah, pasien isoman dapat menghubungi dokter di sekitar tempat tinggalnya melalui nomor telpon yang telah disebarluaskan.

“Program pendampingan isoman telemedis Pemkab Kediri ini merupakan kerja bareng Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) setempat,” kata pengampu program telemedis, Budi Sanjaya, Kamis, 26 Agustus 2021.

Advertisement

Melalui kerja sama ini, IDI mengerahkan 87 tenaga dokter yang disebar di seluruh kecamatan. Sementara pihak IAI menyiagakan 27 apotek yang siap melayani obat-obatan yang dibutuhkan.

“Layanan konsultasi tersebut bersifat gratis, sedangkan pembelian obat ditanggung masing-masing pasien,” kata Budi.

Layanan ini diberikan untuk mempermudah masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri untuk berkonsultasi kesehatan secara virtual tanpa datang ke rumah sakit.

“Dengan layanan ini diharapkan dapat mengurangi beban keterisian tempat tidur di rumah sakit supaya bisa digunakan pasien bergejala sedang, berat, dan kritis,” kata Budi.

Program pelayanan telemedis ini dapat diakses seluruh masyarakat Kabupaten Kediri yang berkaitan dengan Covid-19. Tidak hanya pasien isoman di rumah, warga bergejala maupun mereka yang baru saja pulang dari rumah sakit dapat memperoleh layanan yang sama dalam waktu satu kali 24 jam. (*)