Mbak Dewi Imbau Pemuda Kediri Kreatif dan Mandiri

Pemkab Kediri menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 di halaman Pendapa Panjalu Jayati, Kamis, 28 Oktober 2021. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021. Upacara yang berlangsung khidmat tersebut bertempat di Pendapa Panjalu Jayati yang dihadiri jajaran pejabat Forkopimda Kabupaten Kediri, Kamis, 28 Oktober 2021.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga. Dewi mengatakan peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”.

Advertisement

Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Momen Sumpah Pemuda ini diharapkan jadi momen kebangkitan dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Bila pemuda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, rasa, dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia. Memiliki karakter kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” katanya.

Momentum peringatan hari Sumpah Pemuda ini menjadi perekat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi Covid-19 dan mewujudkan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Ditemui usai upacara, Mbak Dewi berpesan kepada para pemuda di Kabupaten Kediri harus lebih baik, memiliki kreativitas, inovatif, dan diharapkan mampu muncul jiwa kewirausahaan sebagai wujud kemandirian pemuda.

“Jangan mudah terprovokasi berita hoaks yang memecah belah. Kita harus bersatu bersama-sama menghadapi pandemi ini dan bagaimana bangsa ini bisa tumbuh, baik pada ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan sosial. Pemuda harus kreatif dalam wirausaha,” katanya. (*)