Pemkab Kediri Lakukan Tes Usap Acak pada Pengunjung SLG

Pemkab Kediri menggelar tes usap (swab) antigen gratis di kawasan Wisata Simpang Lima Gumul (SLG), Kediri, Minggu, 31 Oktober 2021. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Mencegah timbulnya gelombang ketiga pandemi Covid-19, Pemkab Kediri menggelar tes usap (swab) antigen gratis di kawasan Wisata Simpang Lima Gumul (SLG), Kediri, Minggu, 31 Oktober 2021.

Kegiatan ini dilakukan saat Car Free Day di SLG yang dilakukan setiap akhir pekan. Sasaran dari swab antigen gratis tersebut sukarelawan dan pengunjung yang tidak memakai masker.

Advertisement

Juru Bicara Tim Satgas Covid 19 Kabupaten Kediri Ahmad Chotib mengatakan pihakSatgas sengaja melakukan pengambilan random sampling swab antigen di kawasan Wisata Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

“Jadi pengambilan random sampling ini kita lakukan untuk mencegah sedini mungkin bibit-bibit penularan dari sumber-sumbernya, seperti dari orang tanpa gejala,” kata Chotib saat memantau pelaksanaan swab antigen di kawasan Wisata SLG Kabupaten Kediri.

Yang menjadi sasaran spesifik swab antigen adalah para pelajar yang berkunjung atau orang-orang yang tidak memakai masker dan pengunjung dari luar Kediri.

“Intinya kita mengedukasi masyarakat agar selalu tetap disiplin terhadap protokol kesehatan, terutama penggunaan masker di manapun,” kata Chotib.

Dari belasan random sampling swab antigen yang dilakukan petugas Dinas Kesehatan di kawasan Wisata SLG Kabupaten Kediri, semuanya negatif.

“Intinya bukan pada hasilnya, tapi lebih kepada edukasi dan pembelajaran kepada para pengunjung di Car Free Day agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, khususnya di tempat-tempat ramai atau lokasi wisata,” kata Chotib. (*)