Dekranasda Kabupaten Kediri Siapkan Kain Serat Nanas di Fashion Show Pesona Batik Tenun Jawa Timur

Pemkab Kediri menyelenggarakan rapat kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Ruang Pamenang Pemkab Kediri, Kamis, 7 April 2022. Rapat ini dipimpin langsung Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kediri Eriani Anisa Hanindito (Mbak Chica). Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

IDEALOKA.COM, Kediri – Pemkab Kediri menyelenggarakan rapat kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Ruang Pamenang Pemkab Kediri, Kamis, 7 April 2022. Rapat ini dipimpin langsung Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kediri Eriani Anisa Hanindito atau akrab disapa Mbak Chica.

Mbak Chica menyampaikan persiapan untuk beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yakni pengukuhan anggota Dekranasda Kabupaten Kediri di akhir April dan persiapan keikutsertaan pameran Pesona Batik Tenun Jawa Timur yang akan diselenggarakan 12-22 Mei 2022 di Jakarta.

Advertisement

“Pameran ini nanti akan diikuti UMKM Kabupaten Kediri dan kabupaten/kota selingkar Wilis. Dalam kegiatan ini juga digelar fashion show potensi khas daerah masing-masing. Untuk Kabupaten Kediri bisa mengangkat batik khas Kediri dan olahan serat nanas sebagai penegasan kita merupakan sentra agro buah nanas,” katanya.

Menurut Mbak Cicha, melalui kegiatan ini diharapakan potensi lokal bisa go internasional. Untuk menuju hal tersebut tentu diperlukan sinergi dari tiap OPD demi suksesnya acara dengan menghilangkan ego sektoral.

“Harapan ke depannya kita bisa bersinergi untuk terus melakukan kreativitas dan inovasi. Adanya fashion exhibition juga harus mendongkrak semangat pelaku UMKM untuk berkarya dan dikenal lebih luas agar kita juga harus ada terobosan baru untuk event ke depannya,” kata Mbak Chica.

Dekranasda Kabupaten Kediri diharapkan akan terus membuat event dan mengikuti pameran dengan inovasi dan gagasan baru. “Sehingga produk UMKM serta pariwisata yang ada di Kabupaten Kediri dapat ikut terangkat, dikenal, dan terjadi transaksi ekonomi sehingga menambah kesejahteraan,” katanya. (*)