Hari Pahlawan, Pemkab Kediri Gelar Gebyar Kebangsaan 2022

Lomba kreasi baris berbaris yang diadakan Pemkab Kediri dalam memperingati Hari Pahlawan, Sabtu, 12 November 2022. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

IDEALOKA.COM (Kediri) – Untuk memeriahkan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar event bertajuk Gebyar Kebangsaan 2022.

Bupati Hanindhito Himawan Pramana melalui Pelaksana Tugas Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri Solikin menyampaikan gebyar kebangsaan ini diharapkan menguatkan semangat patriotisme dan cinta tanah air generasi penerus di Bumi Panjalu.

Advertisement

Kegiatan yang dipusatkan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) tersebut diadakan selama tiga hari, Sabtu-Senin, 12-14 November 2022 dan dimulai dengan lomba kreasi baris berbaris yang diikuti 22 sekolah tingkat SMA se-Kabupaten Kediri.

Lomba kreasi baris berbaris ini bagian dari cara Pemerintah Kabupaten Kediri untuk membangun kreativitas, sportivitas, kedisiplinan, semangat kebangsaan dan solidaritas para pelajar. Lomba kreasi baris berbaris itu dinilai dari tiga kategori, yakni PBB, formasi dan variasi.

“Melalui pelaksanaan lomba kreasi baris berbaris ini diharapkan dapat memberikan semangat patriotisme dan cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa di Kabupaten Kediri,” katanya, Sabtu, 12 November 2022.

Selain lomba kreasi baris berbaris, diadakan pula pameran kebangsaan yang diantaranya diisi dokumentasi napak tilas perjuangan pahlawan dari Kediri, pameran kendaraan tempur serta berbagai jenis senjata api oleh Brigif Mekanis 16/Wira Yudha.

Pada Minggu, 13 November 2022, digelar panggung kebangsaan yang diisi kegiatan pagelaran pentas seni dan budaya. Dilanjutkan dengan pertunjukan barongsai dan jaranan, tari nusantara, dan musik kontemporer.

“Nanti akan ada pertunjukan musik kontemporer yang sudah jarang kita saksikan, ini menjadi salah satu wadah pertunjukan seni yang mendidik dan mengandung pesan moral budaya bangsa, seni yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman,” katanya.

Pertunjukan seni dan budaya itu,  dinilai menjadi salah satu wadah dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa, khususnya dari Kabupaten Kediri. Di sisi lain, pertunjukan yang ditampilkan dapat menjadi motivasi untuk menumbuhkembangkan potensi budaya daerah.

“Nanti puncak acara di hari Senin (14/11/2022) akan diadakan seminar kebangsaan yang akan disiarkan live streaming di kanal youtube Pemerintah Kabupaten Kediri,” katanya. (*)