Calon PPK di Jombang Jalani Tes, Soal Dikirim KPU Pusat Menjelang Tes

Tes kompetensi dasar calon Anggota PPK di Kabupaten Jombang yang menggunakan sistem CAT, Selasa, 6 Desember 2022. Foto: KPU Jombang
Advertisement

IDEALOKA.COM (Jombang) – Ratusan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Jombang menjalani tes kompetensi dasar, Selasa, 6 Desember 2022. Tes tulis dilakukan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang menggelar tes di dua lokasi antara lain SMA Negeri 3 Jombang dan SMK Negeri 1 Jombang. Di SMA Negeri 3 Jombang, tes dilakukan di empat ruang kelas dan di SMK Negeri 1 Jombang menggunakan lima ruang kelas.

Advertisement

Tes dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dimulai pukul 08.30 hingga 11.00 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 12.00 hingga 13.30 WIB. Jumlah soal dalam CAT sebanyak 75 butir soal. Pelaksanaan CAT calon PPK ini berjalan lancar, namun dari 496 peserta calon PPK yang berhak mengikuti CAT, ada beberapa peserta yang tidak hadir.

“Mereka yang mengikuti CAT adalah peserta yang sudah lolos seleksi administrasi,’’ ujar Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Jombang Rita Darmawati.

Rita mengatakan soal yang diujikan disusun oleh KPU Pusat dan baru dikirim secara online tiga jam sebelum tes dimulai untuk mencegah adanya kebocoran soal. “Tiga jam menjelang ujian, kami masukan ke masing-masing sistem,” kata Rita. (*)