Gathering Darul Aytam Darun Najah, Tahlilan hingga Wisata di Pantai Cacalan

Keluarga besar YPS Darun Najah dan pengurus Darul Aytam Darun Najah bersama para anak yatim di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022
Advertisement

IDEALOKA.COM (Banyuwangi) – Pengurus Darul Aytam Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Darun Najah Banyuwangi kembali menggelar kegiatan untuk para anak yatim siswa MI Darun Najah dan MTs Darun Najah, Ahad, 25 Desember 2022.

Advertisement

Kegiatan kali ini antara lain berziarah dan tahlilan di makam keluarga pendiri dan pengasuh YPS Darun Najah, almarhum KH Harun Abdulloh, Hj. Istianah Harun, H. Abdulloh Faqih, KH Ma’shum Syafii, dan Hj. Ma’shumah.

Setelah tahlilan, para anak yatim diajak sarapan bareng bersama pengurus dan keluarga besar Darul Aytam Darun Najah.

Keluarga besar YPS Darun Najah dan para anak yatim Darul Aytam Darun Najah membaca yasin dan tahlil di makam pendiri dan pengasuh Ponpes Darun Najah, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022.
Keluarga besar YPS Darun Najah dan para anak yatim Darul Aytam Darun Najah makan bersama usai membaca yasin dan tahlil di makam pendiri dan pengasuh Ponpes Darun Najah, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022.

BACA : Darun Najah Banyuwangi Rintis Darul Aytam, Memotivasi Kemandirian Anak Yatim

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan berwisata ke Pantai Cacalan di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Di pantai ini, anak-anak yatim diajak bermain secara kelompok untuk menguji kekompakan dan kecerdasan anak-anak.

Selain para anak yatim, kegiatan ini juga diikuti anak-anak para cicit keluarga pendiri dan pengasuh YPS Darun Najah.

Sebelum permainan, satu per satu dari mereka diminta memperkenalkan diri pada seluruh anggota kelompoknya agar saling mengenal dan hapal dengan nama-nama teman mereka.

Anak-anak juga diminta belajar menghitung dengan rentang angka tertentu untuk menguji kecerdasan dan konsistensi berpikir.

Anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan yang dipandu Sekretaris YPS Darun Najah Ma’mulah Harun dan pengurus Darul Aytam Darun Najah Anisah Mahsunah Harun serta Kepala MI Darun Najah II Majidatul Himmah.

Para anak yatim Darul Aytam Darun Najah bermain secara berkelompok untuk melatih kecerdasan berhitung dan kekompakan di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022.

BACA : Darul Aytam Darun Najah Banyuwangi Ajak Anak Yatim Cooking Class Pizza

“Sebulan sekali mereka kita ajak menikmati hal-hal baru dan mengesankan. Jadi, Darun Najah tidak hanya memperhatikan keperluan materi mereka, perlu ada program edukasi dan hiburan,” kata Ma’mulah.

Harapan yang sama dikatakan Anisah. “Kegiatan seperti ini melatih keberanian anak-anak dalam berbicara di depan publik dan melatih kekompakan mereka dengan teman-temannya. Kita harapkan mereka kelak bisa mandiri,” kata Anisah.

Setelah bermain secara berkelompok, anak-anak yatim diajak bermain kano di rawa yang ada di Pantai Cacalan. Mereka tampak menikmati permainan yang juga olahraga menggunakan perahu kano dan dayung tersebut. (*)

Anak-anak Darul Aytam Darun Najah bermain kano di rawa Pantai Cacalan, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022.

Keluarga besar YPS Darun Najah ikut bermain kano di rawa Pantai Cacalan, Banyuwangi, Ahad, 25 Desember 2022.