Luncurkan Mobil Pintar Pemilu, KPU Kabupaten Kediri ‘Jemput Bola’ Sosialisasi Pilkada

1
229
Komisioner KPU Kabupaten Kediri Nanang Qosim meresmikan Mobil Pintar Pemilu Digital di Kebun Bibit Kediri, Minggu, 16 Februari 2020.
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri terus melakukan inovasi untuk mempermudah dan memberikan informasi kepemiluan di masyarakat khususnya menjelang Pilkada serentak tahun 2020.

Setelah meluncurkan Rumah Pintar Pemilu Digital di kantor KPU Kabupaten Kediri, kali ini KPU Kabupaten Kediri memperkenalkan Mobil Pintar Pemilu Digital. Peluncuran Mobil Pintar Pemilu Digital ini dilakukan di kawasan wisata Kebun Bibit Kediri Jalan Raya Mejono, RT 02 RW 02, Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Minggu pagi, 16 Februari 2020.

Advertisement

Mobil Pintar Pemilu Digital merupakan mobil yang didesain bagian dalam atau interiornya menjadi ruang yang cukup bagi masyarakat untuk mengakses informasi kepemiluan secara digital.

Jok belakang mobil dihilangkan dan dijadikan ruang dilengkapi meja, layar monitor, dan beberapa buku terkait kepemiluan. Dari layar monitor inilah, masyarakat bisa mengakses program software yang berisi informasi kepemiluan termasuk terkait Pilkada atau Pilbup Kediri 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Nanang Qosim meresmikan Mobil Pintar Pemilu Digital di Kebun Bibit Kediri, Minggu, 16 Februari 2020.

Layar monitor tersebut tersambung dengan database di komputer yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai kepemiluan. Masyarakat tampak antusias bertanya pada petugas KPU dan mencoba fasilitas yang ada di Mobil Pintar Pemilu Digital.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Nanang Qosim, mengatakan Mobil Pintar Pemilu Digital ini sebagai upaya KPU Kabupaten Kediri untuk semakin mendekatkan masyarakat dengan informasi kepemiluan.

“Karena tidak semua orang bisa mengakses Rumah Pintar Pemilu Digital yang ada di KPU, sehingga kami menggunakan mobil pintar ini sebagai media untuk menjemput bola,” katanya.

Nanang mengatakan KPU akan menempatkan Mobil Pintar Pemilu Digital tersebut di beberapa lokasi strategis yang jadi tempat berkumpulnya masyarakat.

“Untuk pertama kita akan menghadiri acara pertama yang terletak di car free day dulu. Nantinya ke depan akan kita lakukan di tempat yang mungkin masyarakat tidak bisa menjangkau rumah pintar pemillu karena akses mereka terlalu jauh,” katanya. (*)

  • Penulis: Mahendra
  • Editor: Ishomuddin

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here