Resmikan Kampung Tangguh, Bupati Kediri Imbau Warga Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno dan Dandim 0809/Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno meninjau Kampung Tangguh Desa Kunjang, Kec. Ngancar, Senin, 22 Juni 2020. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Bupati Kediri Haryanti Sutrisno Kembali meresmikan Kampung Tangguh Semeru, Senin, 22 Juni 2020. Kali ini di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar. Bupati didampingi Dandim 0809/Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno dan Kapolres Kediri yang diwakili Kapolsek Ngancar.

Fasilitas Kampung Tangguh Semeru di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar ini tidak berlokasi di balai desa seperti Kampung Tangguh yang lain namun dipusatkan di Balai Pamitran yang sudah lama tak terpakai. Sebagai pusat lokasi Kampung Tangguh Semeru, tempat tersebut sudah dilengkapi dengan balai pertemuan, dapur umum, lumbung tempat menyimpan bahan makanan, dan tempat isolasi mandiri.

Advertisement

BACA : Satpol PP Kabupaten Kediri Tertibkan Protokol Kesehatan di 13 Pasar dan Tempat Publik Lainnya

Ketua Kampung Tangguh Semeru, Pulung Tursilawanto, mengatakan awal mula Kampung Tangguh Semeru Desa Kunjang ini dari adanya warga Kunjang yang positif terpapar Covid-19.

“Dari situlah kami beserta warga berinisiatif mendirikan tempat isolasi mandiri bagi warga yang positif Covid-19 dan warga pendatang yang baru pulang dari perantauan. Dengan begitu, baik pendatang maupun yang positif tidak berbaur dengan warga lainnya agar virus tidak menular,” katanya.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mencuci tangan di fasilitas cuci tangan di Kampung Tangguh Desa Kunjang, Kec. Ngancar, Senin, 22 Juni 2020. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri

Tidak hanya dalam hal kesehatan, keamanan Kampung Tangguh ini dijaga dengan mendirikan pos kamling di setiap RT dengan difasilitasi alat komunikasi Handy Talkie (HT). Selain itu, untuk ketahanan pangan,  warga menanam sayuran dan tanaman hortikultura. Dengan demikian akan mengurangi intensitas warga pergi ke pasar demi mencegah penularan Covid-19.

BACA : Dinsos Kabupaten Kediri Salurkan BST kepada 1.896 Penyandang Disabilitas

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyampaikan harapannya bahwa setelah diresmikannya Kampung Tanggung Semeru ini, secara berkelanjutan masyarakat bisa patuh melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak, rajin cuci tangan, dan memakai masker jika keluar atau beraktivitas.

“Untuk ruang isolasi memang harus ada dua yaitu untuk warga yang positif sesuai hasil swab dan warga pendatang. Apalagi di Kecamatan Ngancar ini terdapat banyak tempat wisata. Sebelum ada penurunan kasus Covid-19 atau wilayah tersebut masuk zona hijau, sampai saat ini belum berani membukanya (tempat wisata). Kemudian bagi warga yang berkunjung harus bisa menaati prosedur protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran covid 19,” kata Bupati.

Usai acara seremonial, Bupati Kediri bersama Dandim 0809/Kediri meninjau lokasi dapur umum dan lumbung pangan. Diharapkan dengan Kampung Tangguh Semeru ini, Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar bisa mandiri dalam menangani pandemi Covid-19 serta mampu mengubah pola pikir warga untuk hidup sehat dalam kesehariannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here