3.484 Warga Lansia Kabupaten Kediri Terima Bansos Jaslut Tahap Ketiga

Warga Kabupaten Kediri menerima Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) tahap ketiga. Foto: Dinas Kominfo Kab. Kediri

idealoka.com (Kediri) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut). Pada tahap ketiga ini, total penerima bansos Jaslut dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebanyak 3.484 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Karena berada di tengah pandemi Covid-19, proses penyaluran dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas dan masyarakat penerima berada pada jarak aman. Seperti yang berlangsung di empat wilayah kecamatan, masing-masing Kecamatan Plemahan, Kunjang, Purwoasri, dan Papar.

Read More

BACA : Kecamatan Kandat Terima Penyaluran JPS Pemprov Jatim Tahap 2

Untuk wilayah Kecamatan Plemahan berlangsung di Balai Desa Plemahan. Sedangkan di Kecamatan Kunjang, penyaluran dilakukan di Pendapa Kecamatan Kunjang, Kecamatan Purwoasri di Balai Desa Bulu, dan untuk Kecamatan Papar berlangsung di Balai Desa Pehwetan. Petugas menyalurkan bantuan uang tunai Rp500 ribu yang diberikan kepada KPM PKH plus.

“Untuk wilayah Kecamatan Plemahan 222 KPM, Kecamatan Kunjang 67 KMP, Kecamatan Purwoasri 152 KPM, dan Kecamatan Papar 142 KPM. Pada tahap ketiga ini jumlah penerima sebanyak 3.484 KPM yang tersebar pada 26 wilayah kecamatan,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kediri Didik Swasana Prabawa.

BACA : Kemenhub dan Pemkab Kediri Gelar Konsultasi Publik Pembangunan Bandara

Jaslut merupakan program kolaborasi Pemerintah Pusat, Provinsi Jatim, dan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Sementara itu, setiap penerima manfaat mendapatkan jatah bantuan sebesar Rp2 juta yang diserahkan dalam empat kali bayar. Sehingga setiap kali penyaluran senilai Rp500 ribu untuk tiap KPM.

Melalui bansos Jaslut ini, Dinsos Kabupaten Kediri berharap dapat meringankan beban perekonomian masyarakat, khususnya di tengah krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sementara itu, penyaluran di empat wilayah kecamatan bagian utara Kabupaten Kediri ini menutup rangkaian distribusi Jaslut untuk tahap ketiga di tahun 2020. (*)

Related posts

Leave a Reply