Gunung Semeru Kembali Erupsi, Luncuran Awan Panas Capai 4,5 Kilometer

Tangkapan layar video awan panas dan hujan abu akibat erupsi gunung Merapi di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu petang, 16 Januari 2021. Foto: warga Lumajang
Advertisement

idealoka.com (Surabaya) – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi, Sabtu petang, 16 Januari 2021.

Menurut informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), erupsi terjadi pada pukul 17.24 WIB.

Advertisement

“Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 KM pada Sabtu (16/1) pkl 17.24 WIB,” demikian informasi yang diposting di akun twitter resmi BNPB.

BACA : VIDEO: Gempa di Lombok Guncang Gunung Rinjani

Dalam postingan juga disertakan video warga yang panik dan keluar dari rumah untuk mengungsi. Di balik rumah warga tampak semburan awan panas yang membumbung tinggi.

Hingga berita ini ditulis belum diketahui berapa besar kerusakan yang diakibatkan dan apakah ada korban jiwa atau luka dalam bencana ini.

Sebelumnya, gunung tertinggi di pulau Jawa itu juga mengalami erupsi pada 1 Desember 2020 dan ratusan warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang sempat mengungsi menjauh dari gunung berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu. (*)