Pemkab Kediri Serahkan 1.250 Kilogram Benih Padi

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa menyerahkan bantuan benih padi untuk petani terdampak banjir di Desa Cengkok, Kecamatan Tarokan, Senin, 12 April 2021. Foto: Dinasi Kominfo Kab. Kediri
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa menyerahkan bantuan benih padi untuk petani terdampak banjir di Desa Cengkok, Kecamatan Tarokan, Senin, 12 April 2021. Total bantuan yang diserahkan sebesar 1.250 kilogram benih padi varietas Inpari 32 untuk luas lahan 50 hektar.

Dewi menyampaikan penyerahan bantuan ini merupakan komitmen pemerintah dalam pemulihan ekonomi bagi petani yang terdampak banjir di Kecamatan Tarokan. Lebih lanjut disampaikan juga bahwa pemerintah kini sedang menyiapkan perbaikan tanggul-tanggul sungai yang jebol yang menyebabkan banjir.

Advertisement

“Bantuan ini diberikan pada empat desa terdampak banjir, yakni Blimbing, Jati, Cengkok, dan Kerep. Saya berharap musim tanam selanjutnya tidak ada banjir lagi. Sehingga petani bisa menikmati bantuan benih ini dengan mendapatkan hasil melimpah,” kata Dewi.

BACA : Sekolah Lapang Pertanian Bantu Petani Kediri Terapkan Manajemen Tanaman Sehat

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo menjelaskan varietas Inpari 32 ini dipilih karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Harapannya dapat memberikan perbaikan nilai kesejahteraan kepada petani terdampak banjir.

“Pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada petani terdampak banjir. Kenapa baru diberikan di akhir masa penghujan saat ini, karena dengan pertimbangan musim tanam mundur tahun ini,” kata Anang.

“Musim tanam mundur karena banyaknya air hujan sehingga berdampak banjir. Selain itu, kalau ditanam di tengah musim, pasti serangan hama juga meledak dan petani pasti rugi lagi. Di satu sisi, musim tanam April sampai September, nilai jual hasil panennya tinggi. Itulah akhirnya yang mendasari langkah pemberian bantuan ini,” kata Anang. (*)