Mahasiswi Unej Juara Pertama Duta Lingkungan Jawa Timur

Rachma Fadhillah Amalia, mahasiswi FKIP Universitas Jember (Unej) terpilih sebagai juara pertama Duta Lingkungan Jawa Timur tahun 2021. (Foto: Humas Unej)
Advertisement

idealoka.com (Jember) – Rachma Fadhillah Amalia, mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (Unej) terpilih sebagai juara pertama Duta Lingkungan Jawa Timur tahun 2021. Dara asli Banyuwangi ini berhasil mengalahkan sembilan finalis lain dalam Malam Grand Final Duta Lingkungan Jawa Timur 2021 yang digelar oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi di Jember Town Square (Jetos), Minggu, 11 April 2021.

Sebelum ditetapkan sebagai finalis, gadis yang akrab disapa Rachma ini harus mengikuti serangkaian proses seleksi yang sangat ketat bersama seluruh perwakilan dari kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Advertisement

“Mulanya saya mengikuti tes seleksi wawancara di Jember yang berlokasi di Jetos pada 12 Februari 2021 lalu. Bagi peserta yang memenuhi kualifikasi kemudian dikarantina selama tiga hari untuk mendapatkan pembekalan materi, deep interview (wawancara mendalam) untuk mengetahui lebih dalam pribadi tiap peserta dan tes bakat,” ujar Rachma dikutip dari rilis Humas Unej, Rabu, 14 April 2021.

BACA : SMATIC, Bioplastik Singkong Pengganti Plastik Konvensional Karya Mahasiswa Unej

Sebelum ikut serta dalam ajang itu, Rachma sejak lama telah aktif di dalam kegiatan-kegiatan peduli lingkungan. Rupanya ketertarikan Rachma dalam beragam kegiatan tersebut memuluskan jalannya untuk meraih juara hingga dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Jawa Timur.

Rachma Fadhillah Amalia (tengah), mahasiswi FKIP Universitas Jember (Unej) terpilih sebagai juara pertama Duta Lingkungan Jawa Timur tahun 2021. (Foto: Humas Unej)

“Sejak tahun 2020 lalu saya aktif dalam kegiatan pengelolaan lingkungan di Banyuwangi bersama masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi. Tahun 2020 saya mendapat kesempatan menjadi Wakil 1 Duta Lingkungan Kabupaten Banyuwangi. Alhamdulillah sekarang menjadi Duta Lingkungan untuk Jawa Timur,” tutur Rachma yang saat ini duduk di semester 8 Program Studi Pendidikan Biologi ini.

BACA : KKN Mahasiswa Unej, Siswa SD Diajak Lomba Kerajinan dan Mozaik Barang Bekas

Rachma mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan saat ini. Seperti bertambahnya sampah dimana-mana, kurangnya kesadaran mengelola limbah, dan terjadinya bencana alam yang merupakan dampak dari kelalaian manusia, seperti bencana banjir dan tanah longsor.

Terpilihnya Rachma sebagai Duta Lingkungan Jawa Timur ini semakin membuka luas kesempatannya untuk melakukan kampanye pelestarian lingkungan. Rachma bertekad ingin menjadikan masyarakat dan generasi pemuda di Jawa Timur sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan dan membudayakan rasa cinta lingkungan.

“Oleh karena itu saya ingin menjadi role model dari masyarakat Jatim dalam hal pelestarian lingkungan. Saya harus bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat sekitar tentang peduli lingkungan, baik menggunakan pendekatan edukasi, lingkungan, maupun hiburan dengan optimalisasi penggunaan media sosial,” katanya. (*)