Redam Konflik, Pemkab Jember Kumpulkan Perwakilan Perguruan Silat

Bupati Jember Hendy Siswanto, Wabup Jember KH M. Balya Firjuan Barlaman, Kapolres Jember, dan Dandim 0824 Jember bersama perwakilan perguruan silat dalam kesepakatan bersama di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu, 9 Juni 2021. Foto: Pemkab Jember
Advertisement

idealoka.com (Jember) – Pemerintah Kabupaten Jember dan Forkopimda setempat mengumpulkan seluruh perwakilan pengurus perguruan silat yang ada di Jember di Pendapa Wahyawibawagraha, Rabu, 9 Juni 2021.

Kegiatan ini sebagai langkah untuk meredam aksi anarkis atau tindakan kriminal yang melibatkan anggota perguruan silat di Jember.

Advertisement

Seluruh perwakilan dari masing-masing perguruan silat membacakan ikrar dan menandatangani pakta integritas untuk menjaga ketertiban bersama dan disaksikan Bupati Jember Hendy Siswanto, Kapolres Jember, dan Dandim 0824 Jember.

BACA : Hendy Ingin Puger Jadi Kawasan Ekonomi Khusus di Jember

Hendy menyampaikan langkah ini diambil setelah terjadi beberapa kali penganiayaan yang dilakukan oknum anggota perguruan silat pada anggota perguruan silat lainnya dalam beberapa bulan terahir.

“Semua pasti ada hikmah dari beberapa peristiwa yang lalu. Tentunya benturan itu tidak kami harapkan, kami ingin seluruhnya fokus, apalagi tahun depan kita sebagai tuan rumah Porprov Jatim,” kata Hendy.

BACA : Calon Bupati Jember Hendy Berbagi Kiat Wirausaha di Masa Pandemi

Hendy menyampaikan ke depannya Pemkab Jember akan menyelenggarakan kompetisi bagi perguruan silat sebagai persiapan Porprov tersebut.

“Ada 30 perguruan silat dan semuanya bagus, ini sekarang sudah menyatakan sikap siap menjaga kerukunan antar masing-masing perguruan silat, semuanya harus satu komitmen demi kemajuan Jember,” kata Hendy. (*)