Darul Aytam Darun Najah Banyuwangi Ajak Anak Yatim Cooking Class Pizza

Para pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi bersama anak yatim dan piatu usai cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah
Advertisement

IDEALOKA.COM (Banyuwangi) – Darul Aytam Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Darun Najah Banyuwangi mengajak anak-anak yatim dan piatu mengikuti program edukasi kelas memasak (cooking class) dengan membuat pizza.

Kali ini, Darul Aytam YPS Darun Najah mengajak anak-anak mengikuti cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022, bertepatan dengan 22 Muharam 1444 Hijriyah.

Anak-anak Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi belajar membuat pizza dengan bimbingan karyawan Pizza Hut, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah
Advertisement

Ketua Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi Kurnia Alisaputri mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk menjalin keakraban antara keluarga besar YPS Darun Najah dengan anak-anak yatim dan piatu yang juga siswa Taman Kanak-kanak (TK) Khodijah 9, Madrasah Ibtidaiyah (MI) I dan II, serta siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darun Najah.

BACA : Darun Najah Banyuwangi Rintis Darul Aytam, Memotivasi Kemandirian Anak Yatim

TK Khodijah 9 merupakan TK di bawah Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) NU Cabang Banyuwangi namun lokasinya berada di kompleks sekolah dan pesantren Darun Najah di Jalan KH Harun Nomor 3 Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. Sedangkan MI Darun Najah I (putra) dan MI Darun Najah II (putri) serta MTs Darun Najah merupakan lembaga pendidikan yang dikelola YPS Darun Najah.

Anak-anak Darul Aytam YPS Darun Najah menunjukkan pizza hasil karya mereka. Foto: YPS Darun Najah

“Kegiatan cooking class tersebut tujuannya untuk menjalin kekeluargaan antara keluarga Darun Najah dengan adik-adik yatim dan piatu,” kata perempuan yang akrab disapa Puput ini.

Dia juga berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi anak-anak. “Selain itu juga untuk menginspirasi adik-adik untuk untuk berani bermimpi menjadi sukses di masa depan,” kata Puput yang juga dokter spesailis penyakit dalam ini.

BACA: Juara I Video Kreatif Ramadan, MI Darun Najah 2 Banyuwangi Terima Trofi dari Sekjen Kemenag

Pihaknya juga merencanakan edukasi di bidang kesehatan pada anak-anak yatim dan piatu yang dibina Darul Aytam YPS Darun Najah. “Ke depan kami juga ada rencana seperti itu,” ujarnya.

Pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah Anisah Mahsunah (baju putih) memandu cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah

Sementara itu, pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah lainnya, Anisah Mahsunah Harun, mengatakan ada 36 anak yatim dan piatu dari TK, MI, dan MTs yang diajak dalam kegiatan tersebut.

BACA: Siswi MI Darun Najah II Banyuwangi Diberi Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Bumbu Dapur

Anisah juga mengatakan tujuan kegiatan ini selain berbagi kebahagiaan dengan para anak yatim dan piatu, juga untuk pendidikan atau edukasi bagi anak-anak.

“Dalam kegiatan ini, anak-anak juga diajari bagaimana cara membuat pizza, apa saja yang harus disiapkan, bagaimana membuat es krim, dan sebagainya,” katanya.

Pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah, Ghina Basatin Urfi (kiri), memberikan menerima hadiah pada anak yatim Darul Aytam YPS Darun Najah. Foto: YPS Darun Najah

Menurutnya, pengalaman praktik membuat pizza bersama orang-orang yang kompeten di bidangnya itu diharapkan bisa jadi pengetahuan dan bekal anak-anak. “Agar anak-anak punya pengalaman dan bekal untuk masa depan mereka,” katanya.

BACA : Halal bi Halal Lebaran: Merawat Silaturahmi dan Regenerasi

Selain cooking class, Darul Aytam YPS Darun Najah juga memberikan bingkisan pada setiap anak dan hadiah bagi mereka yang berhasil menjawab kuis atau pertanyaan.

“Pertanyaan yang kami ajukan misalnya terkait sejarah atau pendiri Darun Najah agar mereka tahu,” kata Anisah yang juga Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Surabaya ini.

Para anak yatim siswa MTs Darun Najah menunjukkan pizza karya mereka saat cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah

Anisah mengatakan program edukasi bagi anak-anak yatim dan piatu di lingkungan lembaga pendidikan YPS Darun Najah ini baru pertama kali.

BACA : Ndog-ndogan, Cantiknya Hiasan Telur Maulud Nabi di Banyuwangi

“Ke depan kami akan merancang kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih variatif dan edukatif bagi anak-anak,” katanya.

Kegiatan tersebut misalnya tur belajar ke tempat-tempat bersejarah, instansi pemerintahan, studi alam, dan sebagainya.

“Misalnya kita ajak ke toko buku, Masjid Agung Baiturahman, Polres, gathering ke alam, dan sebagainya. Tujuannya agar anak-anak termotivasi dan mandiri,” ujar Anisah yang dikenal aktif di berbagai kegiatan sosial ini. (*)

Beberapa anak yatim Darul Aytam YPS Darun Najah bersama ibu mereka saat cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah
Keluarga besar dan pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah, Banyuwangi. Foto: YPS Darun Najah Banyuwangi