Ganjar Berpesan agar Dhito Manfaatkan Teknologi untuk Serap Aspirasi Warga

0
13
Ganjar Pranowo (masker oranye) dan calon tunggal Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono melihat produk UMKM di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kab. Kediri, Sabtu, 7 November 2020.
Advertisement

idealoka.com (Kediri) – Politikus PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan kepada calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono jika nanti terpilih dan diberi amanat dalam membangun Kediri.

Pesan ini disampaikan kepada calon tunggal Bupati Kediri yang juga putra dari Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung itu sebelum mengikuti kampanye di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Sabtu, 7 November 2020.

Advertisement

“Pertama karena calon tunggal, maka sebenarnya tinggal bagaimana suara masyarakat bisa didengar, saya ngobrol banyak tadi di rumah. Makanya ini tadi saya disuruh share, pengalamannya di Jawa Tengah,” kata Ganjar seusai kampanye.

BACA : Satgas DPP Partai Demokrat Siap Menangkan Dhito-Maria di Pilkada Kediri

Menurut Ganjar, Dhito telah banyak melakukan inovasi di bidang UMKM. Salah satu upaya yang diakuinya baik yakni membantu pengurusan Nomor Izin Produk (NIP) yang diberikan kepada lebih dari 1.000 UMKM di Kabupaten Kediri.

Dhito juga diminta untuk siap menampung aspirasi warga Kabupaten Kediri dengan cara menyebarluaskan nomor telepon maupun akun media sosial agar dapat mendengar langsung keluh kesah masyarakat.

“Tambah lagi dengan satu aplikasi laporan masyarakat di Kabupaten Kediri dan itu teknologi. Saya rasa ini sudah oke banget, karena dia ini masih anak muda, pasti sudah biasa dengan teknologi,” tuturnya.

Selain inovasi untuk UMKM, Dhito juga disarankan memperbaiki integritas dirinya dan melakukan reformasi birokrasi yang terencana dengan matang. Dhito juga diminta memperhatikan kelompok masyarakat yang minoritas seperti kaum difabel dan kelompok minoritas yang lain.

BACA : Program Pemberdayaan Masyarakat yang Ditawarkan Mas Dhito Mulai Berjalan

“Isu itu tentu kami tidak bisa mengomongkan semuanya, intinya kita mencoba membantu sharing,” tuturnya.

Dhito sangat menghargai wejangan dari Ganjar. Menurutnya, semua yang dinasihatkan akan dilakukannya dalam Pilkada kali ini. “Apapun itu, beliau paham betul bagaimana mengelola dan mengembangkan UMKM dan itu terbukti di Jawa Tengah,” katanya.

Salah satu yang juga akan diterapkan Dhito dalam memberdayakan UMKM adalah memasarkan produk UMKM di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kediri. Misalnya, pakaian batik yang dikenakan ASN harus produk UMKM dan memasarkan produk UMKM lainnya seperti makanan ringan  pada para ASN agar meningkatkan omzet UMKM. (*)