Darun Najah Banyuwangi Rintis Darul Aytam, Memotivasi Kemandirian Anak Yatim

Anak-anak Darul Aytam YPS Darun Najah menunjukkan pizza hasil karya mereka. Foto: YPS Darun Najah
Advertisement

IDEALOKA.COM (Banyuwangi) – Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Darun Najah, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, terus mengembangkan potensi sebagai lembaga pendidikan dan sosial.

Kali ini, salah satu yayasan pendidikan dan sosial tertua di Kabupaten Banyuwangi ini merintis Darul Aytam. Darul Aytam merupakan lembaga atau wadah yang bertugas membantu dan membina anak-anak yatim dan piatu.

Advertisement

Sekretaris Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Darun Najah Banyuwangi  Ma’mulah Harun mengatakan Darul Aytam yang baru dirintis tahun ini merupakan bagian dari program kerja YPS Darun Najah.

Sekretaris YPS Darun Najah, Kelurahan Tukangkayu, Kec./Kab. Banyuwangi Dra. Ma’mulah Harun M.Pd.I

“Program ini sesuai dengan amanat dalam AD/ART YPS Darun Najah dalam SK yayasan yang terdaftar di Kemenkumham dimana salah satu programnya di bidang sosial dan salah satu wujudnya berupa Darul Aytam,” katanya, Selasa, 23 Agustus 2022.

Darul aytam adalah rumah atau wadah yang dibentuk untuk membantu dan membina anak-anak yatim dan piatu.

BACA: Juara I Video Kreatif Ramadan, MI Darun Najah 2 Banyuwangi Terima Trofi dari Sekjen Kemenag

Ma’mulah menuturkan selama ini YPS Darun Najah rutin memberikan santunan dan bantuan pendidikan pada anak yatim dan piatu yang juga siswa di lembaga pendidikan yang ada di Darun Najah.

Lembaga pendidikan milik YPS Darun Najah antara lain Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darun Najah I (putra) dan MI Darun Najah II (putri) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darun Najah. Lokasinya berada di Jalan KH Harun Nomor 3 Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, di kompleks sekolah dan pesantren Darun Najah juga ada TK Khodijah 9 di bawah Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama (YPM NU) Cabang Banyuwangi.

Tidak hanya anak yatim dan piatu yang juga siswa MI dan MTs Darun Najah, Darul Aytam YPS Darun Najah juga memberikan perhatian dan bantuan pada anak yatim dan piatu yang juga peserta didik dari TK Khodijah 9.

Keluarga besar dan pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah, Banyuwangi usai cooking class bagi anak yatim dan piatu di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah Banyuwangi

Ma’mulah mengatakan tugas Darul Aytam adalah membantu kebutuhan anak yatim dan piatu yang belum ditanggung oleh sekolah baik TK, MI, dan MTs.

BACA: Siswi MI Darun Najah II Banyuwangi Diberi Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Bumbu Dapur

“Sekarang kita melihat kebutuhan apa yang belum tercover (ditanggung) oleh madrasah dari anak yatim dan piatu ini. Nah, tugas Darul Aytam akan masuk di situ untuk membantu kebutuhan sekolah yang belum tercover madrasah,” ujar Ma’mulah.

Terkait kegiatan di luar kelas bagi anak-anak yatim dan piatu, menurut Ma’mulah, hal itu bagian dari upaya YPS Darun Najah dalam memberikan perhatian, kasih sayang, dan motivasi pada anak yatim dan piatu.

“Mereka juga butuh perhatian, sharing-nya tidak hanya materi, tapi juga empati. Mungkin yang enggak punya ibu, mungkin kurang ada perhatian sehari-hari, kita masuk di situ,” ucapnya.

Pihaknya merencanakan dalam sebulan sekali akan mengajak anak-anak yatim dan piatu belajar di luar kegiatan sekolah.

“Sebulan sekali diajak menikmati hal-hal baru dan mengesankan. Jadi, Darun Najah tidak hanya memperhatikan keperluan materi mereka, perlu ada program edukasi dan hiburan,” ujar Ma’mulah yang juga Ketua PC Muslimat NU Banyuwangi dan Anggota DPRD Jawa Timur ini.

BACA: Darul Aytam Darun Najah Banyuwangi Ajak Anak Yatim Cooking Class Pizza

Anak-anak Darul Aytam YPS Darun Najah menunjukkan pizza hasil karya mereka. Foto: YPS Darun Najah

Pada Sabtu, 20 Agustus 2022, bertepatan dengan 22 Muharam 1444 Hijriyah, Darul Aytam YPS Darun Najah mengajak 36 anak yatim dan piatu mengikuti kelas memasak (cooking class) di Pizza Hut Banyuwangi.

Ma’mulah menambahkan kegiatan cooking class tersebut selaras dengan keutamaan dan keberkahan bulan Muharam sebagai bulan sosial terutama untuk santunan bagi anak yatim dan piatu.

“Selain itu juga bertepatan dengan haul keluarga besar dan para pendiri Darun Najah di bulan Muharam. Darun Najah juga didirikan pada bulan Muharam,” kata putri dari salah satu pendiri Darun Najah KH Harun Abdulloh ini.

BACA : Halal bi Halal Lebaran: Merawat Silaturahmi dan Regenerasi

Dia berharap kegiatan Darul Aytam akan menambah keberkahan bagi YPS Darun Najah melalui khidmat atau pengabdian pada masyarakat.

Anak-anak Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi belajar membuat pizza dengan bimbingan karyawan Pizza Hut, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah

Ketua Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi Kurnia Alisaputri mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk menjalin keakraban antara keluarga besar YPS Darun Najah dengan anak-anak yatim dan piatu yang juga siswa Taman Kanak-kanak (TK) Khodijah 9, Madrasah Ibtidaiyah (MI) I dan II, serta siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darun Najah.

“Kegiatan cooking class tersebut tujuannya untuk menjalin kekeluargaan antara keluarga Darun Najah dengan adik-adik yatim dan piatu,” kata perempuan yang akrab disapa Puput ini.

Dia juga berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi anak-anak. “Selain itu juga untuk menginspirasi adik-adik untuk untuk berani bermimpi menjadi sukses di masa depan,” kata Puput yang juga dokter spesailis penyakit dalam ini.

Pihaknya juga merencanakan edukasi di bidang kesehatan pada anak-anak yatim dan piatu yang dibina Darul Aytam YPS Darun Najah. “Ke depan kami juga ada rencana seperti itu,” ujarnya.

BACA : Ndog-ndogan, Cantiknya Hiasan Telur Maulud Nabi di Banyuwangi

Anisah Mahsunah (baju putih) memandu cooking class bagi anak yatim dan piatu Darul Aytam YPS Darun Najah di Pizza Hut, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah

Salah satu pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah lainnya, Anisah Mahsunah Harun, mengatakan sementara ini ada 36 anak yatim dan piatu dari TK, MI, dan MTs yang telah dibantu dan dibina termasuk dalam kegiatan di luar kelas seperti cooking class.

“Ke depan kami akan merancang kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih variatif dan edukatif bagi anak-anak,” kata perempuan yang juga Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Surabaya ini.

Kegiatan tersebut misalnya tur belajar ke tempat-tempat bersejarah, instansi pemerintahan, studi alam, dan sebagainya.

Para pengurus Darul Aytam YPS Darun Najah Banyuwangi bersama anak yatim dan piatu usai cooking class di Pizza Hut Banyuwangi, Sabtu, 20 Agustus 2022. Foto: YPS Darun Najah

“Misalnya kita ajak ke toko buku, Masjid Agung Baiturahman, Polres, gathering ke alam, dan sebagainya. Tujuannya agar anak-anak termotivasi dan mandiri,” ujar Anisah yang dikenal aktif di berbagai kegiatan sosial ini. (*)